manfaat dan khasiat muntahan ikan paus ambergris

manfaat dan khasiat muntahan ikan paus ambergris

183 views
manfaat dan khasiat muntahan ikan paus ambergris – Tak disangka-sangka ikan paus mempunyai muntahan yang bernilai mahal. Muntahan itu bernama Ambergris. Paus mengeluarkan zat yang telah lama menumpuk di ususnya yang telah menjadi padat yang berbentung bongkahan yang dinamakan Ambergis. Ambergis mengandung zat lilin dan juga mudah terbakar yang diproduksi di sistem pencernaan Ikan Paus Sperma.
manfaat dan khasiat muntahan ikan paus ambergris

Inilah manfaat dan khasiat muntahan ikan paus ambergris

Ambergris telah menjadi baku pembuatan parfum sejak zaman kuno sebab mempunyai kualitas yang sangat baik. Bangsa Mesir Kuno, Romawi, Yunani dan Arab menggunakannya sebagai parfum. Biasanya di Asia, Ambergris digunakan sebagai bumbu.

Baca juga: manfaat daun pepaya baik untuk wanita

Pada abad ke 10 Ibnu Haukal seorang pedagang dari Arab mempercayai Ambergris sebagai barang berharga setara dengan emas dan juga dipercaya akan khasiatnya sebagai Aphrodisiac.

Ambergris ialah hasil pencernaan paus sperma yang digunakan sebagai bahan campuran parfum. Gunanya, agar wangi parfum itu tahan lebih lama di kulit manusia.

Ambergris keluar melalui sekresi pathologis atau muntahan sebab penyakit dari Ikan Paus Sperma dan dihasilkan akibat reaksi dari iritasi perut yang disebabkan oleh kepala cumi dan kerang-kerang tertentu. Ikan Paus Sperma mengeluarkan Ambergris tersebut secara spontan. Ikan paus sendiri cuma menghasilkan 3%-4% Ambergris saja dari populasi Ikan Paus Sperma jantan. Alhasil, benda ini mahal harganya dan dijuluki “emas mengambang” bukan tai lho ya.

Pada saat ambergris ini dimuntahkan paus ke laut, zat ini akan bereaksi dengan air garam dan akan menghasilkan sebuah zat baru yang apabila dijual nilainya dapat mencapai $10.000 per kilogramnya.

Ambergris yang baru saja dimuntahkan dimuntahkan mempunyai warna kehitaman dan gelap, lunak dan juga bau gak enak. Warna amber menjadi sedikit cerah sebab pengaruh air laut dan udara, dari warna abu-abu dan silver sampai dengan warna abu-abu sempurna dan akhirnya akan berwarna putih. gak cuma itu, ambergris juga mempunyai bau yang berubah-ubah.

Ambergris dalam bahasa arab disebut juga sebagai “Anbar”. Dulu Rasulullah sallallahu alaihi wasallam juga pernah menggunakan minyak wangi yang bahannya terbuat dari Ambergris yang tercatat dalam hadits riwayat An-Nasa’i :

عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيٍّ قَالَ سَأَلْتُ عَائِشَةَ أَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَطَيَّبُ قَالَتْ نَعَمْ بِذِكَارَةِ الطِّيبِ الْمِسْكِ وَالْعَنْبَرِ

Dari Muhammad bin Ali ia berkata, “Aku pernah bertanya kepada ‘Aisyah, ‘Apakah Rasulullah SAW memakai parfum? ia menjawab, “Ya! dengan minyak wangi misk dan ‘anbar.”

Fakta lainnya dari Ambregis ialah minyak dari bahan Ambergris ialah minyak terbaik setelah minyak kesturi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *