manfaat daun katuk pada ibu menyusui

manfaat daun katuk pada ibu menyusui

50 views

manfaat daun katuk pada ibu menyusui – Indonesia merupakan Negara yang kaya akan segalanya yang berhubungan dengan alam, tapi sayang Indonesia hampir sebagian besar penduduknya belum merdeka, belum mendapatkan kehidupan yang layak. Sebenarnya Indonesia memiliki banyak keanekaragaman hayati yang bisa menjadi manfaat dan khasiat bagi masyarakatnya, banyak berbagai tumbuh-tumbuhan yang memiliki banyak manfaat.

Salah satunya adalah daun katuk, manfaat daun katuk bisa untuk menambah produksi ASI. Daun katuk berasal dari tumbuhan yang memiliki nama latin Sauropus androgynus sangat berguna bagi ibu-ibu yang sedang menyusui karena didalam daun katuk terdapat kandungan yang berkhasiat untuk melancarkan produksi ASI (Air Susu Ibu), jadi bagi ibu-ibu menyusui yang sangat ingin bisa ASI Ekslusif disarankan untuk mengkonsumsi daun katuk sebagai sayuran yang dimasak.

Ternyata inilah manfaat daun katuk pada ibu menyusui

Selain untuk menambah produksi ASI, daun katuk juga dipercaya sebagai obat untuk borok, obat bisul,demand an darah kotor. Kandungan gizi daun katuk juga sangat banyak yaitu mengandung kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, B,dan C, protein, efredin dan juga air. Daun katuk memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sebaimana kita tahu bahwa vitamin C sangat baik bagi tubuh kita. Perlu diketahui selain memiliki kandungan gizi yang sangat baik tetapi daun katuk juga memiliki efek samping yang tidak bagus bagi orang yang mengkonsumsi daun katuk, efek samping yang timbul apabila kita mengkonsumsi daun katuk dapat menyebabkan gejala susah tidur, tidak nafsu makan dan sesak nafas. Di sarankan dalam mengkonsumsi daun katuk tidak boleh berlebihan, konsumsi daun katuk sewajarnya saja sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.
Untuk ibu menyusui berikut cara mengkonsumsi daun katuk agar dapat menambah produksi ASI (Air Susu Ibu), banyak sekali cara olah daun katuk yaitu dapat dikonsumsi dengan dimasak menjadi sayur seperti memasak sayur bayam, semangkuk sayur daun katuk cara membuatnya tidaklah sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama, membuat sayur daun katuk juga bisa ditambahkan dengan jagung muda agar lebih segar dan kaya akan vitamin, untuk memasaknya berikut cara memasak daun katuk.
Bahan-bahan yang di butuhkan : Daun Katuk, Jagung Muda dan Air.
Bumbu-bumbu yang di butuhkan :Bawang Merah, Kunyik, Garam, Gula Pasir, Daun Salam dan Lengkuas.

Cara membuat sayur daun katuk :

Rebus air dan masukkan bumbu halus, daun salam dan lengkuas hingga air mendidih, Kemudian masukkan jagung mudan dan daun katuk masak hingga daun katuk menjadi layu, ingat jangan terlalu lama memasaknya apabila daun katuk sudah mulai layu berarti sudah siap diangkat.
Sayur daun katuk seperti halnya sayur bayam, disarankan dibuat untuk dikonsumsi dalam sekai konsumsi dan sebaiknya jangan dihangatkan kembali seperti halnya perlakuan sayur bayam.

Apabila para ibu-ibu tidak ingin repot memasak daun katuk, para ibu menyusui bisa mengkonsumsi ektrak daun katuk yang bisa dicari di apotek-apotek / di toko-toko yang menjualnya, tetapi perlu diingat bahwa lebih sehat mengkonsumsi yang tanpa ada campuran bahan kimia yaitu memasak sendiri. Berikut ektrak daun katuk yang dapat menambah produksi air susu ibu (ASI) atau biasa kita sebut sebagai ASI Booster, referensi saya hanya ada dua yang saya sarankan karena memang pengalaman pribadi, para ibu menyusui bisa mengkonsumsi ASI Fit yaitu ektraks daun katuk yang berbentuk tablet seperti halnya obat, ini dikonsumsi oleh para ibu menyusui yang tidak ingin repot membuat sayur daun katuk.

Untuk ASI Booster yang kedua bisa meminum susu Mama Soya ini merupakan produk susu bubuk, susu yang terkandung dalam Mama soya adalah susu kedelai jadi bukan susu sapi, kandungan yang terdapat didalam mama soya dilihat informasinya dari bungkus mama soya tersebut yaitu susu kedelai dan daun katuk, susu kedelai juga baik untuk ibu menyusui. Itu beberapa ASI Booster yang bisa saya referensikan kepada para ibu menyusui, silahkan pilih yang mana semuanya ada di para ibu yang menentukan.

Sekian dari saya untuk informasi manfaat daun katuk untuk menambah ASI bagi para ibu menyusui, semoga bermanfaat bagi kita semua, ingat selalu utamakan anak dari pada kepentingan kita sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *